Cara Ampuh Mengatasi System Volume Information Is Not Accessible pada Hardisk

System volume information is not accessible - pesan tersebut muncul saat kita membuka hardisk pada laptop ataupun komputer. lantas bagaimana solusinya ?

System Volume Information Is Not Accessible
G:\System Volume Information Is Not Accessible

Kasus tersebut pernah kami alami pada hardisk eksternal kami. sebagaimana gambar di atas G:\ System volume information is not accessible. Adapun solusi yang kami gunakan adalah sebagai berikut:

1. Buka Cmd pada komputer

membuka cmd pada komputer dapat dilakukan dengan cara menekan tombol windows pada keyboard. ketikkan cmd pada kolom pencarian. lalu jalankan cmd sebagai administrator agar hardisk yang not accessible dapat diatasi.

2. Masukkan Perintah pada CMD

setelah cmd terbuka, ketik perintah berikut pada cmd "chkdsk /f /r G" (masukan ke cmd tanpa tanda petik) lalu tekan enter. tunggu proses repair hardisk (jangan kaget jika lumayan lama prosesnya).

lama atau tidaknya proses repairing hardisk tergantung pada ukuran hardisk dan spek laptop yang digunakan untuk merepair hardisk yang not accessible tersebut.

3. Penjelasan Kode Chkdsk pada Cmd

Kode /f (berguna untuk menemukan data-data yang tidak bisa diakses). kode /r (berfungsi untuk memulihkan data pada hardisk yang not accessible). Adapun huruf G (diisi sesuai dengan huruf disk yang eror).

dikarenakan pada kasus ini yang not accessible adalah drive G saya, maka di cmd saya isi dengan G. andaikan yang eror adalah drive D kami, maka di cmd yang kami masukkan adalah huruf D. silakan teman-teman sesuaikan dengan drive masing-masing yang mengalami system volume information is not accessible.

Dinna Comp
Dinna Comp Learn, write, act, teach, & pray. Seorang blogger yang menyakai bidang IT. Dinna.my.id

Posting Komentar untuk "Cara Ampuh Mengatasi System Volume Information Is Not Accessible pada Hardisk"